1. Kelebihan dan kelemahan teori Kognitivisme
A.
Kelebihannya yaitu :
menjadikan siswa lebih kreatif dan mandiri; membantu
siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah.
B.
Kekurangannya yaitu :
teori tidak
menyeluruh untuk semua tingkat pendidikan sulit di praktikkan khususnya di tingkat lanjut
beberapa prinsip seperti intelegensi sulit dipahami dan pemahamannya masih
belum tuntas.
2. Kekurangan Dan Kelebihan Teori Behavioristik
A.
Kekurangan
Pembelajaran siswa yang berpusat pada guru (teacher
centered learning), bersifat meanistik, dan hanya berorientasi pada hasil yang
diamati dan diukur
Murid hanya mendengarkan dengan tertib penjelasan
guru dan menghafalkan apa yang didengar dan dipandang sebagai cara belajar yang
efektif.Penggunaan hukuma sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan
siswa ( tori skinner ) baik hukuman verbal maupun
fisik seperti kata – kata kasar , ejekan , jeweran yang justru berakibat buruk
pada siswa.
B. Kelebihan
Sangat cocok untuk memperoleh kemampuan yang
membutuhkan praktek dan pembiasaan yang mengandung unsure-unsur seperti
kecepatan, spontanitas, kelenturan, refleks, dan daya tahan.
Contoh :
Percakapan bahasa
asing,mengetik,menari,berenang,olahraga.
Cocok diterapkakn untuk melatih anak-anak yang masih
membutuhkan dominasi peran orang dewasa, suka mengulangi dan harus dibiasakan,
suka meniru dan senang dengan bentuk-bentuk penghargaan langsung seperti diberi
hadiah atau pujian.
Dapat dikendalikan melalui cara mengganti mengganti
stimulus alami dengan stimulus yang tepat untuk mendapatkan pengulangan respon
yang diinginkan, sementara individu tidak menyadari bahwa ia dikendalikan oleh
stimulus yang berasal dari luar dirinya
3. Kelebihan
dan kekurangan teori belajar sibernetik
Menurut Budiningsih 2005, kelebihan dari teori
belajar sibernetik sebagai berikut :
a. Cara
berpikir berorientasi pada proses lebih menonjol
b.
Penyajian pengetahuan memenuhi aspek ekonomis
c.
Kapabilitas belajar dapat disajikan lebih lengkap
d. Adanya
keterarahan seluruh kegiatan belajar kepada tujuan yang ingin dicapai
e.
Adanya transfer belajar pada lingkungan kehidupan yang sesungguhnya
f.
Control belajar (conten control, pace control, display control, dan
conscious cognition control) memungkinkan belajar sesuai dengan irama masing –
masing individu (prinsip perbedaan individual terlayani)
g.
Balikan informative memberikan rambu – rambu yang jelas tentang tingkat
untuk kerja yang telah dicapai dibandingkan dengan unjuk kerja yang diharapkan.
4. Kekurangan
Teori
sibernetik sebagai teori belajar sering kali dikritik karena lebih menekankan
pada system informasi yang akan dipelajari, sementara itu bagainama proses
belajar berlangsung dalam diri individu sangat ditentukan oleh system informasi
yang dipelajari. Teori ini memandang manusia sebagai pengolah informasi,
pemikir, dan pencipta (Pask dan Scott, dalam budiningsih, 2005).
Teori aliran ini dikritik karena tidak secara
langsung membahas tentang proses belajar sehingga menyulitkan dalam penerapan. Ulasan
teori ini cenderung ke dunia psikologi dan informasi dengan mencoba melihat
mekanisme kerja otak. Karena pengetahuan dan pemahaman akan mekanisme ini
sangat terbatas maka terbatas pula kemampuan untuk menerapkan teori ini..
5. Kekurangan
Dan Kelebihan Teori Humanistik
A.
Kelebihan:
·
Bersifat pembentukan kepribadian,hati
nurani,perubahan sikap,analisis terhadapfenomenasocial.
·
Siswa merasa senang,berinisiatif dalam
belajar.
·
Guru menerima siswa apa adanya,memahami
jalan pikiran siswa.
B.
Kekurangan:
·
Bersifat individual.
·
Proses belajar tidak akan berhasil jika
tidak ada motivasi dan lingkungan yangmendukung.
·
Sulit diterapkan dalam konteks yang lebih
praktis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar