Selasa, 09 Juni 2015

STRATEGI PEMBELAJARAN PKN

1.      Diskusikan tentang konsep nilai, moral, norma dalam muatan materi yang di ambil !
2.      Sesuaikan dengan standar isi di permendiknas sesuai dengan kurikulum baru
3.      Strateginnya dijabarkan serta langkah – langkah penerapan di dalam kelas, di sesuaikan dengan materi!
4.      Media pembelajaran, alasannya ?
Desain tentang diskusi materi, langkah –langkah pembelajaran ketika diterapkan di sd!
5.      Model yang diambil di dalam proses sesuai tidak?
Dan apa prinsip – prinsip dasar model, metode dan strateginya ?
6.      Gagasannya yang memikirkan strategi siapa ?
7.      Buatlah kesimpulan hasil diskusi mengenai pembelajaran !
1.      Diskusikan tentang konsep nilai, moral,dan norma  
a.       Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia.Nilai yang terkandung dalam pembelajaran kali ini yaitu  :
1.      Toleransi : sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
2.      Kerja keras : tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
3.      Bersahabat / Komunikatif : sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan oarng lain.
4.      Peduli sosial : sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
5.      Cinta damai : sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
b.      Moral adalah tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Moral secara ekplisit adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu tanpa moral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi.moral yang terkandung dalam pembelajaran ini yaitu :
1.  Karena toleransi berkenaan dengan hubungan dimasyarakat maka moral yang berkaitan adalah baik buruk.
2.   Karena kerja keras berkenaan dengan diri sendiri maka moral yang berkaitan adalah untung rugi
3.    Karena bersahabat/komunikatif berkenaan dengan hubungan diri sendiri maka moral yang berkaitan adalah untung rugi
4.  Karena cinta damai berkenaan dengan diri sendiri maka moral yang berkaitan adalah untung rugi
5.  Karena peduli sosial berkenaan dengan hubungan di masyarakat maka moral yang berkaitan adalah baik buruk
c.       Norma yang terkandung adalah:
1.      Norma agama        : Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN adalah negara yang
beragama dan mengakui akan adanya Tuhan
2.      Norma kesopanan   : Indonesia adalah negara yang menghargai hak dan kewajiban Negara
lain dan tidak akan ikut campur tangan dalam masalah pribadi negara lain
3.      Norma kesusilaan   : Indonesia adalah negara yang cinta damai dan bersahabat dengan
negara-negaara lain di kawasan Asia Tenggara
4.      Norma Hukum        : Indonesia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi hukum, baik
hukum yang berlaku dalam negaranya sendiri maupun hokum yang berlaku di negara-negara lain.
2.      Standar Kompetensi
Memahami peran Indonesia di antara negara-negara ASEAN.
3.      Kompetensi Dasar
      Menjelaskan Peran Indonesia Dalam Kerjasama Negara Asia Tenggara.

2.      Strategi pembelajaran        : Strategi pembelajaran berbasis masalah
Strategi pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis masalah. Metode pemecahan masalah adalah suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong peserta didik untuk mencari dan memecahkan suatu masalah/persoalan dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran. Langkah-langkahnya
1.      Bahan-bahan yang akan dibahas terlebih dahulu disiapkan oleh guru.
2.      Guru menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan sebagai bahan pembantu dalam memecahkan persoalan.
3.      Problem yang disajikan hendaknya jelas dapat merangsang peserta didik untuk berpikir.
4.      Guru menjelaskan secara umum tentang masalah yang dipecahkan.
5.      Peserta didik dapat bekerja secara individual atau berkelompok.
6.      Pemecahan masalah dapat dilaksanakan dengan pikiran.
7.      Data diusahakan mengumpulkan sebanyak-banyaknya untuk analisa sehingga dijadikan fakta.
8.      Membuat kesimpulan.
3.      Metode yang digunakan
-        Metode problem solving
Metode problem solving bukan hanya sekedar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berfikir sebab dalam metode problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulai dari mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.
-        Metode diskusi
Disini siswa dituntut untuk dapat menemukan pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi dengan cara berdiskusi. 
4.      Media yang digunakan     : LKS, Buku paket, dan peta ASEAN
Alasannya                         : Karena dengan media tersebut guru lebih mudah menerangkan
pelajaran Peran Indonesia dalam Lingkungan Negara-Negara ASEAN dengan mudah dan agar para siswa gampang mengerti. 
5.      Model Pembelajaran         : Pembelajaran Koperatif 
Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Para siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan. Tujuan dibentuknya kelompok kooperatif adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Dalam hal ini sebagian besar aktifitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah
Langkah – langkah pembelajaran dalam kelas
1.      Kegiatan Awal
a.    Apersepsi
·      Guru mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama masing-masing.
·      Guru melakukan presensi harian siswa.
·      Guru mengajak siswa untuk bernyanyi lagu “Naik Delman”, yang syairnya diubah menjadi “ASEAN dibentuknya di negara Thailand, beranggota Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunai, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, semua itu ASEAN”. Dan bermain menyusun puzzle peta Negara anggota ASEAN.
b.    Orientasi
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan inti
a.       Siswa mendapatkan penjelasan guru terkait dengan proses terjadinya deklarasi Bangkok.
b.      Siswa mencatat nama-nama negara ASEAN.
c.       Siswa mencatat tujuan berdirinya ASEAN.
d.      Siswa mendiskusikan bentuk kerja sama negara-negara ASEAN.
e.       Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antar negara ASEAN bersama kelompoknya.
f.       Guru membimbing dan mengawasi kegiatan siswa.
g.      Siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
h.      Guru meluruskan hasil presentasi siswa yang kurang tepat
i.        Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Kegiatan akhir
a.       Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan materi.
b.      Guru memberikan PR kepada siswa.
5 Kesimpulan
    Pembelajaran pkn harus tahu tentang kewarganegaraan nya dan Di dalam pembelajaran PKN seharusnya memiliki komitmen yang kuat dan konsistennya terhadap perinsip dan semangat kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar