1.
Diskusikan tentang konsep nilai, moral,
norma dalam muatan materi yang di ambil !
2.
Sesuaikan dengan standar isi di
permendiknas sesuai dengan kurikulum baru
3.
Strateginnya dijabarkan serta langkah –
langkah penerapan di dalam kelas, di sesuaikan dengan materi!
4.
Media pembelajaran, alasannya ?
Desain
tentang diskusi materi, langkah –langkah pembelajaran ketika diterapkan di sd!
5.
Model yang diambil di dalam proses
sesuai tidak?
Dan
apa prinsip – prinsip dasar model, metode dan strateginya ?
6.
Gagasannya yang memikirkan strategi
siapa ?
7.
Buatlah kesimpulan hasil diskusi
mengenai pembelajaran !
1. Diskusikan tentang konsep nilai, moral,dan
norma
a.
Nilai
adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi
manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi
kehidupan manusia.Nilai yang terkandung dalam pembelajaran kali ini yaitu :
1. Toleransi : sikap dan tindakan yang
menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang
lain yang berbeda dari dirinya.
2. Kerja keras : tindakan yang menunjukkan
perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
3. Bersahabat / Komunikatif : sikap dan tindakan
yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat,
dan mengakui, serta menghormati keberhasilan oarng lain.
4. Peduli sosial : sikap dan tindakan yang
selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
5. Cinta damai : sikap dan tindakan
yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat,
dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
b.
Moral adalah tindakan yang memiliki nilai
positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak
bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga
moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Moral secara ekplisit
adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu tanpa moral manusia tidak bisa melakukan
proses sosialisasi.moral yang terkandung dalam
pembelajaran ini yaitu :
1. Karena
toleransi berkenaan dengan hubungan dimasyarakat maka moral yang berkaitan adalah
baik buruk.
2. Karena kerja
keras berkenaan dengan diri sendiri maka moral yang berkaitan adalah untung
rugi
3. Karena
bersahabat/komunikatif berkenaan dengan hubungan diri sendiri maka moral yang
berkaitan adalah untung rugi
4. Karena cinta
damai berkenaan dengan diri sendiri maka moral yang berkaitan adalah untung
rugi
5. Karena peduli
sosial berkenaan dengan hubungan di masyarakat maka moral yang berkaitan adalah
baik buruk
c.
Norma
yang terkandung adalah:
1. Norma agama :
Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN adalah negara yang
beragama
dan mengakui akan adanya Tuhan
2. Norma kesopanan : Indonesia adalah negara yang menghargai
hak dan kewajiban Negara
lain
dan tidak akan ikut campur tangan dalam masalah pribadi negara lain
3. Norma kesusilaan : Indonesia adalah negara yang cinta damai
dan bersahabat dengan
negara-negaara lain di kawasan Asia Tenggara
4. Norma Hukum : Indonesia adalah negara yang sangat
menjunjung tinggi hukum, baik
hukum yang berlaku dalam negaranya sendiri
maupun hokum yang berlaku di negara-negara lain.
2. Standar
Kompetensi
Memahami peran Indonesia di antara
negara-negara ASEAN.
3. Kompetensi
Dasar
Menjelaskan
Peran Indonesia Dalam Kerjasama Negara Asia Tenggara.
2. Strategi pembelajaran : Strategi pembelajaran berbasis masalah
Strategi
pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis masalah. Metode
pemecahan masalah adalah suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong
peserta didik untuk mencari dan memecahkan suatu masalah/persoalan dalam rangka
pencapaian tujuan pengajaran. Langkah-langkahnya
1.
Bahan-bahan
yang akan dibahas terlebih dahulu disiapkan oleh guru.
2.
Guru
menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan sebagai bahan pembantu dalam memecahkan
persoalan.
3.
Problem
yang disajikan hendaknya jelas dapat merangsang peserta didik untuk berpikir.
4.
Guru menjelaskan secara umum tentang masalah yang
dipecahkan.
5.
Peserta didik dapat bekerja secara individual atau berkelompok.
6.
Pemecahan
masalah dapat dilaksanakan dengan pikiran.
7.
Data
diusahakan mengumpulkan sebanyak-banyaknya untuk analisa sehingga dijadikan
fakta.
8.
Membuat
kesimpulan.
3. Metode
yang digunakan
-
Metode problem solving
Metode
problem solving bukan hanya sekedar metode mengajar, tetapi juga merupakan
suatu metode berfikir sebab dalam metode problem solving dapat menggunakan
metode-metode lainnya yang dimulai dari mencari data sampai kepada menarik
kesimpulan.
-
Metode diskusi
Disini siswa dituntut untuk
dapat menemukan pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi dengan cara
berdiskusi.
4.
Media
yang digunakan : LKS, Buku paket, dan
peta ASEAN
Alasannya :
Karena dengan media tersebut guru lebih mudah menerangkan
pelajaran
Peran Indonesia dalam Lingkungan Negara-Negara ASEAN dengan mudah dan agar para
siswa gampang mengerti.
5.
Model Pembelajaran : Pembelajaran Koperatif
Model
Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran kooperatif merupakan strategi
pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Para siswa dibagi ke dalam
kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang
telah ditentukan. Tujuan dibentuknya kelompok kooperatif adalah untuk
memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam
proses berpikir dan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Dalam hal ini sebagian
besar aktifitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi
pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah
Langkah – langkah pembelajaran dalam kelas
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
· Guru
mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama masing-masing.
· Guru
melakukan presensi harian siswa.
· Guru
mengajak siswa untuk bernyanyi lagu “Naik Delman”, yang syairnya diubah menjadi
“ASEAN dibentuknya di negara Thailand, beranggota Indonesia, Singapura,
Malaysia, Filipina, Brunai, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, semua itu ASEAN”.
Dan bermain menyusun puzzle peta Negara anggota ASEAN.
b. Orientasi
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
mendapatkan penjelasan guru terkait dengan proses terjadinya deklarasi Bangkok.
b.
Siswa
mencatat nama-nama negara ASEAN.
c.
Siswa
mencatat tujuan berdirinya ASEAN.
d.
Siswa
mendiskusikan bentuk kerja sama negara-negara ASEAN.
e.
Siswa
mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antar negara ASEAN bersama
kelompoknya.
f.
Guru
membimbing dan mengawasi kegiatan siswa.
g.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusinya.
h.
Guru
meluruskan hasil presentasi siswa yang kurang tepat
i.
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.
Kegiatan
akhir
a.
Siswa di
bawah bimbingan guru menyimpulkan materi.
b.
Guru
memberikan PR kepada siswa.
5 Kesimpulan
Pembelajaran pkn harus tahu tentang kewarganegaraan nya dan Di dalam pembelajaran PKN
seharusnya memiliki komitmen yang kuat dan konsistennya terhadap perinsip dan
semangat kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar