A. PENGERTIAN PORTOFOLIO
- Secara umum portofolio merupakan suatu kumpulan hasil kerja yang dapat memberikan informasi tentang kemampuan dan perkembangan suatu objek kerja dari ke waktu
- Surapranata dan Hatta (2004:26) Protofolio dapat diartikan sebagai kumpulan hasil evidence atau hasil belajar atau karya peserta didik yang menunjukkan usaha, perkembangan, prestasi belajar peserta didik dari waktu ke waktu dan dari suatu mata pelajaran ke pelajaran yang lain
- Departemen Pendidikan Nasional dalam Pedoman Pengembangan Portofolio untuk penilaian (2003-2004) Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanan tugas kerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan kurikulum
- Portofolio dapat digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi siswa atau menilai hasil belajar siswa
B. BENTUK-BENTUK PORTOFOLIO
1. Portofolio Proses
Jenis portofolio yang menunjukan tahap belajar dan menyajikan catatan perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu
2. Portofolio Bentuk
Portofolio yang menekankan pada tinjauan hasil terbaik yang telah dilakukan peserta didik, tanpa memperhatikan bagaimana proses bentuk untuk mencapai evidence itu terjadi
CONTOH PORTOFOLIO
- Portofolio tampilan (shows portfolio)
Bentuk portofolio yang digunakan untuk memilih evidence yang paling baik yang dikerjakan oleh peserta didik ataupun kelompok peserta didik
- Portofolio dokumenasi (documentary portfolio)
Penilaian terhadap koleksi pilihan dari sekumpulan evidence peserta didik selama kurun waktu tertentu
DEFINISI PENILAIAN
Iga Masidjo (1995:18) mendefinisikan penilaian sebagai berikut : "Penilaian adalah suatu kegiatan yang membandingkan hasil pengukuran sifat suatu objek dengan suatu aeuan yang relavan sedemikian rupa sehingga diperoleh kualitas suatu objek yang bersifat kuantitatif"
C. DEFINISI PENILAIAN PORTOFOLIO
- Surapranata dan Hatta (2004:71) salah satu penilaian otentik yang efektik serta merupakan satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik (student achievement) ,melalui evaluasi umpan balik dan penilaian sendiri (self assessment)
- Budimansyah (2002:107) suatu usaha untuk memperoleh informasi secara berkala, berkesinambungan, menyeluruh tentang proses, hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan pengetahuan, sikap, keterampilan peserta didik yang bersumber dari catatan dan dokumentasi pengalaman belajarnya
D. KELEBIHAN PENILAIAN PORTOFOLIO
- Perubahan paradigma penilaian
- Akuntabilitas (accoutability)
- Peserta didik sebagai individu dan peran aktif peserta didik
- Identifikasi
KEKURANGAN PENILAIAN PORTOFOLIO
- Realiabilitas
- Pencapaian aktif
- Top-Down
- Skeptisme
- Tempat penyimpanan
TAHAP-TAHAP PENILAIAN PORTOFOLIO
- Menetapkan tujuan portofolio
- Menetapkan isi portofolio
- Menetapkan seleksi portofolio
- Menetapkan yang akan dinilai dan kriteria penilaian
- Menetapkan metode untuk estimasi dan pelaporan kedudukan peserta didik dalam peta kemampuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar